feedburner
Masukan Alamat Email Kamu:

Cara Memperkuat Sinyal HP CDMA

Label:

Pengalaman ini benar-benar dialami penulis. Mungkin pembaca sudah pernah menjumpai artikel semacam ini di blog lain. Disini penulis hanya ingin sharing pengalaman saja, siapa tahu bisa bermanfaat bagi kita semua. pertama kali saya tergiur dengan iklan Smart (bukan lagi promosi ya) yang menawarkan paket internet lumayan murah. setelah melihat review disana sini akhirnya saya putuskan untuk membelinya.

Setelah hunting kesana kemari, cari toko di dua kota, akhirnya penulis menemukan juga Hp idaman, tapi harganya ternyata tidak sesuai dengan yang diklankan, jauh lebih mahal. tapi berhubung sudah tekad untuk membeli Hp tersebut maka selisih uang tersebut penulis abaikan. sambil di tes, saya juga sempat menanyakan apakah jangkauan sinyal smart sudah sampai ke tempat saya, dijawab oleh penjualnya sudah. maka saya semakin mantap untuk membelinya.

Setelah di tes, dibungkus, dibuatkan nota, dan tentu saja dibayar ke kasir yang lumayan kurang cantik , maka sayapun pulang. Di rumah sayapun langsung mengeluarkan Hp yang baru saya beli tersebut, tapi alangkah kagetnya ketika melihat status bar untuk sinyal blank alias tidak ada sinyal. Saya mulai panik, apa yang harus saya lakukan mengingat Hp tersebut baru saya beli dengan harga yang tidak murah (Bagi kantong saya).

Lemas sudah. Sambil menenangkan diri, saya berusaha berfikir kira-kira apa yang bisa saya lakukan untuk hp saya, dikembalikan ke penjual, pasti akan rugi banyak, mending diakali. Kemudian aku telepon ke sohib saya, dikasih solusi pake antena ekternal. Tapi saya gak punya. Maka hari berikutnya saya berusaha mencari antena yang dimaksud, Dan setelah mencari kurang lebih 3 jam, akhirnya dapat juga, harganya lumayan mahal sekitar 50 ribu (apa murah ya ???), kemudian saya pasang, dan apa yang terjadi, hasilnya tetap nihil, alias masih tetap blank. Saat berfikir kembali bagaimana cara membuat agar sinyal Hp saya naik, Hp tersebut saya letakan diruang yang dindingnya terbuat dari seng, dan tanpa sengaja saya melihat ke arah progress sinyal kok ada 1 bar, JALAN KELUAR dah ketemu, saya cari seng untukmembuat antena, setelah jadi saya coba, tapi gimana hasilnya ? ternyata tidak menunjukan peningkatan yang signifikan, tetap 1 bar.

Berbekan ilmu yang saya peroleh dulu setelah lulussma, saya cari bahan yang bisa digunakan untuk mengolah sinyal, saya coba pake alumunium. dan ternyata hasilnya lumayan. Kemudian saya putuskan untuk menggunakan bahan alumuniam sebagai antena. Saya cari peralatan yang ada di rumah saya, dan saya menemukan periuk bekas. Setelah diubah sedemikian rupa ternyata hasilnya lumayan, walaupun tidak membuat sinyal menjadi penuh tetapi Hp bisa digunakan untuk modem dan mengakses internet lewat komputer.

Cara yang digunakan untuk membuat antena penguat sinyal CDMA Hp seperti berikut:
  1. Ambil periuk yang sudah tidak terpakai lagi (agar ibu kita tidak marah, soalnya kalo masih dipakai besok masak nasi pakai apa ?)
  2. Beri lubang yang agak besar dibagian tengahnya, sebesar kabel antena (saya menggunakan kabel antena TV)
  3. Jika sudah masukan kabel antena kedalam lubang tadi, kemudian solder bagian kabel yang serabut ke periuk, sedangkan yang bagian kawat biarkan saja, tetapi kupas kulitnya dan kegakkan ke arah depan
  4. Jika kebel sudah terpasang dengan kuat, pasang periuk tersebut itu ditiang antena, kemudian pasang setinggi-tingginya, tapi tidak perlu sampai 100 meter (He....takut BTS tersaingi ).
  5. Kalo sudah bagain ujung kabel yang satunya kupas juga, kemudian coba tempelkan kebagian belakang Hp. Tunggu responnya sekitar 5-10 detik, biasanya dalam jangka waktu itu sinyal akan naik jika pembutan antena benar.
Dalam pengalaman ini saya menggunakan bahan dan perlatan sebagai berikut:
  1. Periuk bekas berukuran kecil
  2. Kabel antena 75 ohm 10 meter (bekas antena penguat yang dibeli, karena tidak jadi mending dimanfaatkan)
  3. Tang, palu dan paku
  4. Bambu untuk tiang penyangga
Demikian yang dapat di sharing, semoga bermanfaat, mohon saran dan kritiknya, Terima Kasih

........................

Related Articles :



0 komentar:

Posting Komentar